7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis Dan Bernutrisi Yang Perlu Dicoba

Resepmakananbalita.com – Memasuki usia 6-9 bulan, bayi sudah bisa mulai diperkenalkan kepada makanan pendamping ASI (MPASI). Seiring pertambahan usianya, tekstur dan variasi makanan perlu ditingkatkan, bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan gizinya yang semakin tinggi, tapi juga melatih sistem otot dan sarafnya. Berikut beberapa resep MPASI 9 bulan yang praktis, bergizi, dan lezat yang bisa Bunda coba di rumah.

Bunda mungkin sering mengalami kesulitan ketika mempersiapkan berbagai resep MPASI 9 bulan. Memikirkan menu makanan harian yang bernutrisi dan disukai buah hati memang dapat menyita waktu dan energi. Untungnya, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempersingkat waktu, tenaga, dan pikiran. Siapkan daftar menu yang akan dibuat dalam seminggu.

Luangkan waktu satu hari, misalnya pada akhir pekan untuk memikirkan resep MPASI 9 bulan yang akan dibuat. Cara ini dapat memudahkan Bunda untuk membuat variasi makanan, mempertimbangkan asupan gizi, hingga mempersingkat cara pembuatannya.

Dari jadwal yang dibuat, buat daftar belanja untuk kebutuhan MPASI. Cukup berbelanja beberapa hari sekali untuk menyingkat waktu belanja dan menjaganya tetap segar. Tips lain yang bisa dijajal adalah membuat stok frozen food yang sangat membantu, terutama bagi Bunda yang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan makanan buah hati.

Beberapa contoh makanan beku yang bisa dibuat dengan mudah saat akhir pekan adalah pure buah maupun sayur, nugget daging dan sayur buatan sendiri, kaldu daging, atau olahan daging lainnya. Sebaiknya buat sesuai kebutuhan yang dapat dihabiskan tidak lebih dari seminggu. Selain mempermudah ketika digunakan memasak bubur dan nasi tim, Bunda juga bisa memanfaatkan slow cooker untuk membuat kaldu dan mengempukkan daging tanpa membuatnya kehilangan terlalu banyak nutrisi.

Bunda hanya perlu masukkan bahan-bahannya pada malam hari, seperti beras, bumbu, dan daging, hidupkan slow cooker dan pagi harinya sudah siap dikonsumsi. Siapkan juga blender atau food processor yang dapat mempersingkat pekerjaan bunda saat mempersiapkan MPASI 9 bulan. Alat tersebut tidak hanya membantu menghaluskan bubur atau nasi tim, tapi juga menggiling daging, ikan, maupun sayuran agar buah hati dapat dengan mudah mengunyahnya. Jika tidak memiliki blender atau food processor, manfaatkan saringan berbahan besi. Walaupun membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, tapi harganya sangat terjangkau dan mudah dibersihkan.

Agar buah hati makin lahap dan tidak bosan dengan pilihan menu yang ada, bunda bisa mengganti menu dan berkreasi. Nah, apa saja jenis resep menu MPASI 9 bulan yang praktis untuk referensi hidangan sehari-hari buah hati? Kebutuhan kalori bayi usia 9 bulan meningkat hingga 300 kkal, sehingga diperlukan resep MPASI 9 bulan yang lengkap dan penuh nutrisi. Bubur daging hati jadi salah satu menu penuh karbohidrat, protein, lemak, dan sayuran, dengan citarasa yang disukai buah hati.

Rebus hati ayam kampung dengan daun salam dan bawang putih untuk menghilangkan bau amis, lalu saring kasar. Lanjutkan dengan memasak nasi dengan air, bawang putih, dan daun salam. Masukkan daging sapi giling beku yang diparut untuk memudahkan bayi untuk mengunyahnya. Tambahkan juga potongan buncis dan wortel, lalu masak hingga air menyusut. Tata dalam mangkuk, lalu tambahkan keju atau nutritional yeast dan hati ayam. Kebanyakan bayi berusia 9 bulan menyukai makanan manis. Resep MPASI 9 bulan yang satu ini bisa jadi alternatif bubur nasi yang tidak hanya lezat dan mengenyangkan, tapi juga bergizi tinggi.

Baca Juga  : Panduan Mengatur Makanan Sehat Untuk Bayi

Rebus ayam kampung hingga benar-benar lunak. Setelah matang, cincang ayam hingga halus atau giling hingga mudah dikunyah oleh buah hati. Sebagai tambahan, campurkan ubi yang sudah dikukus dan dihaluskan. Selain dimakan langsung, bisa juga dibentuk lonjong dan celupkan dalam kocokan telur lalu digoreng dengan sedikit mentega. Cocok dijadikan finger food yang lezat dan bergizi tinggi. Di antara resep MPASI 9 bulan, bunda juga bisa memperkenalkan finger food. Selain cocok digunakan untuk snack, makanan jeni sini juga dapat melatih kemampuan motorik, mulai dari keterampilan memegang, mengunyah, hingga menelan. Bunda sebaiknya terus mengawasi buah hati karena makanan jenis finger food memang berisiko membuat tersedak.

Cuci semua bahan hingga bersih sebelum dimasak, lalu potong kecil sesuai ukuran yang bisa dipegang dan dikunyah buah hati. Sediakan wadah kukus dan masukkan semua bahan secara bersamaan. Letakkan bahan makanan yang lebih keras di bagian bawah, misalnya kentang dan wortel. Kukus hingga matang dan biarkan sedikit dingin sebelum diberikan pada bayi.

Berikan secara selang-seling dengan MPASI agar buah hati tidak mudah merasa bosan. Jenis makanan seperti di atas memberi tambahan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Resep MPASI 9 bulan hendaknya menyisipkan makanan kaya protein yang baik bagi tumbuh kembang buah hati. Selain daging ayam, sapi, dan telur, kebutuhan protein juga disumbang lewat bahan makanan lainnya seperti olahan kedelai dan ikan. Kali ini bunda bisa membuat tahu dan salmon jadi masakan pepes lezat yang bakal jadi favorit buah hati.

Haluskan bawang putih, kemiri sangrai, dan bawang merah. Masukkan ke dalam campuran tahu yang sudah dihaluskan, wortel parut, potongan daun bawang dan seledri, salmon yang sudah dicincang, serta keju. Tambahkan juga daun salam, lengkuas yang sudah digeprek, serai, dan daun jeruk. Bungkus dalam daun pisang untuk menambah aroma atau bisa juga dikukus dalam wadah kaca. Kukus kurang lebih 20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin sebelum diberikan kepada bayi sebagai pendamping nasi tim. Buah hati akan mudah merasa bosan dengan makanan yang ditawarkan, apalagi jika tekstur dan rasanya itu-itu saja