Makanan Bayi 7-8 Bulan Yang Paling Baik Untuk Tumbuh Kembang Mereka

Resepmakananbalita.com – Resep makanan bayi 7 bulan yang bergizi selanjutnya adalah gandum. Gandum dianjurkan untuk bayi untuk dapat membantu menstabilkan gula darah serta menyediakan energi dalam waktu yang lama. Bahan makanan ini juga tinggi akan serat yang larut dalam air. Serat ini sangat penting guna melindungi permukaan usus dan memelihara kadar kolesterol dalam tubuh. Daging ayam kaya akan protein dan vitamin B12 yang tidak ada pada sumber makanan nabati. Daging merah merupakan sumber zat besi terbaik dan mudah diserap tubuh. Bayi yang berusia antara 6 – 12 bulan memerlukan zat besi dalam jumlah yang banyak untuk membantu pertumbuhannya. Daging ini tinggi akan kandungan zinc, vitamin B, serta zat besi. Ketersediaan zat besi bayi sudah disediakan secara alami dari mulai dilahirkan sampai usia 6 bulan. Makanan sehat bayi 7 bulan yang berasal dari laut yang disarankan yaitu ikan.

Karena ikan merupakan sumber makanan yang rendah lemak, namun tinggi akan protein. Ikan juga merupakan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak.Pemilihan makanan sehat bayi 7 bulan yang tepat berpotensi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi berjalan dengan baik. Walaupun ragam menu makan sehat bayi 7 bulan di atas sangat dianjurkan, namun jangan sampai bunda terpaku pada daftar di atas.

Bila diperlukan, diskusikanlsh hal ini dengan dokter anak terutama bila anak alergi terhadap salah satu dari bahan makanan di atas.Pada perkembangan usia 7 bulan, bayi anda sudah dapat mengembangankan gerakan-gerakan ringan, seperti menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang didekatkan kepadanya. Selain itu perubahan secara fisik ditandai dengan adanya pertumbuhan gigi (meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau tertinggal), pertumbuhan yang semakin pesat diusia 7 bulan membuat anda berhati-hati agar perkembangan bayi anda tidak terganggu, termasuk dengan menjauhkan benda-benda yang berbahaya di dekat bayi anda.

Pada usia 8 bulan, bayi mulai dapat mengambil dan memasukkan makanan sendiri ke dalam mulutnya. Tidak semua bubur dibuat dari beras. Dengan banyaknya penemuan makanan bayi yang terbilang lebih mudah dibuat, bubur juga bisa dibuat dengan menu bervariasi. Misalnya saja dari paduan apel yang dihaluskan dan kemudian dicampur dengan susu. Memberikan cemilan untuk bayi haruslah lebih lembut agar mudah dicerna. Apel memiliki kandungan yang baik sehingga aman untuk diberikan pada bayi. Cara membuatnya pun juga sangat mudah dan praktis.

Nah…bagi para Ibu-ibu yang ingin memberikan cemilan yang lebih bervariasi. Avokad dikenal sebagai buah yang mengenyangkan tanpa menambah berat badan. Ini sangat cocok untuk diberikan pada bayi untuk tambahan energinya. Cara penyajiannya juga sangat mudah. Hanya diperlukan 1 buah avokad. Agar dapat dipakai 2 kali, sebaiknya gunakan setengahnya saja. Ambil dengan sendok kemudian blenderlah agar lebih lembut. Agar rasanya lebih enak, campurkan perasan air jeruk kemudian aduk hingga rata dan berikan pada si kecil. Sayuran sangatlah penting untuk bayi.

Baca Juga  : Rekomendasi 13 Makanan Untuk Bayi 1 Tahun Yang Sehat

Untuk itu jangan lupa untuk memberikannyapada bayi. Agar menunya bervariasi, sebaiknya padukan sayuran dengan tahu agar lebih mudah dikonsumsi bayi. Tahu sangatlah lembut dan lebih aman untuk pencenaan bayi. Untuk sayuran pendampingnya bisa dengan memberikan wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Memasak wortel jangan menggunakan bumbu yang mengandung MSG. Untuk lebih aman sebaiknya bumbui wortel dengan bawang putih. Ubi ungu sangatlah mudah untuk didapat. Ini ternyata juga cocok untuk diberikan pada bayi usia 8 bulan sebagai pendamping ASI.

Caranya sangatlah mudah. Ambil Ubi ungu secukupnya, kemudain kupas dan cucui hingga bersih. Agar dapat dicerna bayi lebih mudah, sebaiknya haluskan ubi ungu dan campurkan dengan keju parut. Aduk hingga merata dan sajikan pada bayi supaya lebih lahap. Ubi ungu sangat aman untuk pencernaan bayi yang masih sensitif. Makanan satu ini memang paling cocok untuk menjadi cemilan semua orang. Perkedel juga bisa diberikan untuk cemilan bayi. Agar rasanya lebih enak, jangan lupa untuk memberikan campuran berupa daging sapi giling dan tambahan wortel.

Membuat perkedel untuk bayi sebaiknya tidak perlu dicetak layaknya dipakai untuk cemilan biasanya. Tahu memiliki kandungan kedelai yang baik untuk tumbuh kembang bayi yang masih dalam tahap awal mengonsumsi makanan selain ASI. Bagi bayi 8 bulan memang sudah seharusnya diberikan beberapa makanan pendamping agar gizinya tercukupi. Sekarang ini banyak sekali makanan pendamping ASI yang pembuatannya mudah. Bagi para Ibu yang ingin anaknya tumbuh optimal, sebaiknya mencoba menu semur tahu daging yang cara pembuatannyapun juga mudah.

Bagi Ibu yang kreatif, pastinya akan membuatkan aneka cemilan untuk bayi yang sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan. Salah satunya dengan membuatkan bola-bola nasi sayur. Caranya sangat mudah. Campurkan wortel yang telah diparut dengan telur ayam kampung dan tahu yang sudah diberi . Setelah semuanya tercampur, kemudian campurkan nasi lembek dan buatlah bulatan seperti membuat bakso.

Setelah itu, berikan pada buah hati agar ia semakin lahap dengan nutrisi yang terpenuhi. Ikan salmon memiliki banyak kandungan DHA yang penting untuk perkembangan otak agar lebih cerdas. Agar si buah hati dapat menyantapnya setiap hari, berikan perpaduan menu yang menyertakan ikan salmon di dalamnya. Misalnya saja nasi brokoli salmon yang pembuatannya sangat mudah. Apalagi dengan tambahan brokoli yang mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk bayi agar nutrisinya lebih tercukupi. Bubur tim merupakan menu andalan untuk bayi yang sudah mulai diberi makanan, khususnya untuk bayi usia 8 bulan. Ada berbagai menu pilihan untuk bayi yang bisa dibuat dengan lebih bervariasi agar bayi tidak bosan saat mengonsumsinya.

Sesekali coba berikan bubur tim daging keju yang juga memiliki kandungan gizi yang penting untuk pertumbuhan bayi yang lebih sehat. Ikan laut memang memiliki kandungan DHA tinggi, seperti halnya ikan tuna. Makanan pendamping ASI yang dianjurkan berikutnya adalah sup ikan tuna. Bayi yang diberi sup tentu lebih sehat karena terdapat berbagai sayuran yang penting untuk tumbuh kembangnya. Dengan tambahan ikan tuna pastinya semakin membuat sup lebih enak dan si kecil tentunya akan lebih lahap. Memilih cemilan untuk bayi usia 8 bulan memang harus hati-hati agar aman untuk pencernaan bayi yang masih rawan.

Makanan bayi yang aman sebenarnya sangat mudah dibuat, khususnya bagi para Ibu yang memiliki banyak waktu luang menyiapkan nutrisi tambahan untuk si kecil. Dengan berbagai resep cemilan bayi yang mudah didapat, tentu membuat Ibu lebih rajin membuatkan demi pertumbuhan bayi agar lebih optimal. Makanan pendamping ASI untuk bayi harus memiliki kandungan vitamin dan mineral untuk tumbuh kembangnya.