Rekomendasi 13 Makanan Untuk Bayi 1 Tahun Yang Sehat

Resepmakananbalita.com – Memberi makan untuk anak usia satu tahun memang butuh perjuangan khusus. Ada banyak batasan ketika anda harus memberi makanan untuk bayi 1 tahun karena mereka belum memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah dan sistem pencernaan mereka masih berkembang. Tetapi ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan oleh bayi sebelum berusia satu tahun, maka semakin besar kemungkinan dia untuk lebih mudah makan dan tidak pemilih hingga berusia 6 tahun.

Jenis Makanan Untuk Bayi 1 Tahun Yang Sehat dan Mudah Didapat1. Meski tidak ada ketentuan mengenai makanan bayi 1 tahun. Anda harus tetap memperhatikan kandungan nutrisinya. Nasi coklat atau brown rice mengandung lebih banyak vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan dengan nasi putih. Nasi jenis ini juga bisa dipilih sebagai makanan untuk bayi 9 bulan dan diatasnya asalkan benar-benar dihaluskan. Nasi coklat memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap oleh tubuh. Sehingga kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai dapat lebih stabil.

Makanan ini mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, serta kaya akan fitokimie. Salah sata fungsi senyawa fitokimia adalah sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Kebaikan daging ayam terletak pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging merah. Tapi, sebaiknya dengan kulit ayam, bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Daging merah menyediakan kandungan zat besi yang sangat penting untuk pertumbuhan anak yang berusia satu tahun. Apalagi zat besi dalam daging merah tersedia dalam keadaan siap diserap oleh tubuh. Berikan daging merah pada buah hati sebanyak dua atau tiga kali saja dalam satu minggu. Nutrisi dari ikan antara lain berupa protein dengan rendah lemak, terdapat juga selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mengdongkrak sistem kekebalan dalam tubuh, selain itu, ikan salmon dan tongkol yang mengandung banyak lemak esensial juga sangat baik dalam menunjang perkembangan otak. Wortel mengandung kaya akan betakaroten yang akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat baik untuk tubuh.

Vitamin inilah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan mata. Tomat mengandung salah satu pigmen antioksidan yang mampu mencegah kanker dan juga penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut dinamakan likopen. Jeruk merupakan salah satu buah dengan sumber utama vitamin C di dalamnya. Vitamin ini sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Oleh karena itu, pemberian jeruk setiap setelah makan sangat dianjurkan. Seperti orang dewasa, bayi makan dengan mata mereka. Buah berry memiliki warna menarik dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini sangat sempurna untuk bayi yang sedang mengalami pertumbuhan. Sebuah penelitian baru ini menunjukkan bahwa memberi makan kacang pada bayi yang justru bisa mencegah alergi. Kacang bisa Ana jadikan alternatif makanan untuk bayi 1 tahun di rumah Anda. Tapi, ingat jangan pernah memberi bayi berupa kacang utuh atau selai kacang, keduanya bisa menyebabkan tersedak. Anda bisa meletakkan selai kacang di atas roti atau membuat pure. Sayuran hijau akan banyak memiliki nutrisi dan bisa dijadikan salah satu makanan bayi terbaik karena kandungannya yang baik untuk pertumbuhan di kecil. Anda dapat menambahkan sedikit bawang putih dan bawang putih ke dalam makanan bayi anda tanpa rasa takut.

Baca Juga  : Manfaat Alpukat Untuk Bayi Sehat Dan Cara Menyajikannya

Ini akan membangkitan pemakan dapat petualang karena memberi makan makanan beraroma bayi anda selalu merupakan langkah cerdas. Telur merupakan salah satu makanan untuk bayi 1 tahun yang direkomendasikan oleh para dokter. Telur memiliki kandungan protein, lemak sehat dan kolin, telur juga mmebuat makanan yang sempurna untuk buah hati anda. Anda juga bisa memberi bayi berupa gandum, bit, kemangi, kangkung, salmon, labu, keju, dan buah persik. Konsultasikan dengan dokter anak jika anda merasa bahwa bayi anda alergi terhadap makanan apa pun. Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang terbaik untuk si kecil. Maka kita juga wajib mengetahui tips memberikan makanan untuk bayi yang baik. Porsi dan cara pemberian makan harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Pemberian makan untuk si kecil harus di perhatikan. Jadi sebenarnya tidak ada perbedaan lagi antara makanan yang anda konsumsi dengan makan untuk bayi 1 tahun. Hanya saja porsi makanan dan cara pemberiannya yang harus disesuaikan dengan kemampuannya. UNICEF merekomendasikan supaya pemberian makanan untuk bayi usia 1 tahun sebaiknya yang telah dipotong-potong, diiris, ataupun dipegang dengan mudah.

Pada saat ini, penting bagi anda untuk mendorong bayi untuk mencoba berbagai macam rasa dan tekstur makanan meskipun masih berusia 1 tahun. Dengan begitu, lidah anak tidak akan merasakan asing dengan makanan tertentu. Hal tersebut dapat mencegah anak dari kebiasaan pilih-pilih makanan. Pertama, biarkan anak memilih dan menggenggam sendiri makanannya sebari sesekali membiarkannya menggunakan sendok dan garpu khusus. Biasanya pada saat anak berusia sekitar 15 – 18 bulan, kemampuan anak untuk menggunakan peralatan sudah cukup terlatih karena biasa memegangnya. Di samping dapat melatih kemandiriannya, belajar makan sendiri juga akan melatih koordinasi antara mata, tangan dan juga mulut si kecil. Bagi orangtua, sebaiknya senantiasa selalu aktif dan responsif saat memberikan makan. Seperti bersabar dan teruslah memberikan dorongan kepada anak supaya mau makan. Jangan terlalu memaksa untuk anak makan jika sudah tidak mau makan. Gunakan piring khusus untuk memastikan apakah anak memakan semua porsi makannya sampai habis ataupun seberapa banyak yang disisakannya bila tidak habis. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menganjurkan supaya anda membuat jadwal makan secara teratur setiap harinya. Hal ini bertujuan supaya anak terbiasa makan di jam yang teratur setiap harinya sehingga akan terbawa sampai ia dewasa kelak.