Untuk Si Kecil Sudah Memasuki Usia 6 Bulan

Resepmakananbalita.com – Si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, Bu? Sebentar lagi, saatnya pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI lho. Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI. Kalau ia sudah bisa menegakkan kepala, bisa duduk dengan bantuan atau kadang memasukkan benda ke mulutnya, itu artinya si kecil sudah siap menerima makanan pertamanya. Bayi berusia 6 bulan yang diberikan ASI dan makanan tambahan berpotensi tumbuh menjadi anak hebat.
Anak hebat itu pintar tidak hanya dari sisi intelegensi (IQ) semata, namun juga pintar dari sisi emosional (EQ) seperti memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan cepat tanggap saat mendapat informasi baru dari lingkungan. Nah, pasti Ibu ingin si kecil tumbuh jadi anak hebat, kan? Karena itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi harian sejak dini secara terjadwal. MPASI ini bisa berupa makanan lembut agak cair seperti bubur susu, bubur buah maupun bubur sayuran dan yogurt. Kendati telah mengonsumsi makanan tambahan, ASI harus terus diberikan hingga usia 2 tahun karena makanan tambahan tersebut sifatnya hanya untuk mendampingi atau melengkapi nutrisi si kecil ketika pencernaannya sudah siap mengolah makanan.

Sebagian ibu mungkin masih merasa bingung untuk merencanakan menu sehat buat si kecil yang berusia 6 bulan. Kalau tidak direncanakan atau dijadwal dengan baik, bisa-bisa si kecil malah rewel karena lapar dan ibu kesulitan membentuk rutinitas pola makannya. Jadi, agar ibu lebih gampang menyiapkan MPASI buat si kecil setiap hari. 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan sampai ½ gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml MPASI tiap kali makan. 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan sampai ½ gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml MPASI tiap kali makan.

Seperti yang bisa dilihat pada tabel, makanan pendamping ASI berbentuk lumat bisa diberikan 2-3 kali sehari dengan makanan selingan berupa buah atau biskuit sebanyak 1-2 kali sehari. Jumlah takaran 2-3 sendok secara bertahap hingga mencapai ½ gelas atau 125 ml setiap kali makan. MPASI yang diberikan berupa makanan lumat seperti daging/ikan/telur, tahu/tempe dan buah yang dilumatkan/disaring, seperti tomat saring, pisang lumat halus, serta pepaya lumat atau air jeruk manis. Untuk jenis bubur, Ibu dapat membuat bubur susu maupun bubur ASI.

Baca Juga  : Makanan Selingan Balita

Merk bubur bayi instan ini bisa di berikan untuk anak usia 4 bulan ke atas. Produk ini tidak mengandung bahan tambahan seperti perasa dan pengawet buatan. Produk ini punya bahan yang terbuat dari kombinasi ubi dan daging. Produk ini sangat menyehatkan dan membantu perkembangan si kecil. Produk ini juga punya kandungan vitamin yang cukup lengkap. Harga dari bubur bayi instan ini relatif cukup mahal. Produk ini hanya punya satu pilihan rasa saja. Salah satu masalah si kecil adalah sembelit, hal itu bisa terjadi karena sistem pencernaan si kecil masih belum berkembang dengan sempurna. Perut si bayi masih belajar mengenali makanan padat yang kadang bisa membuat sembelit, sehingga makanan dengan serat tinggi sangat di butuhkan.

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mencoba Nayz Elhappy Tummy yang terbuat dari bahan organik dengan serat tinggi yang bagus untuk pencernaan si kecil. Anda dapat memasak bubur bayi ini dalam slow cooker sekitar beberapa menit dan bubur beras ini pun siap di nikmati si kecil. Bubur bayi organik ini mampu mengatasi masalah sembelit pada bayi. Produk bubur ini terbuat dari bahan organik dengan serat tinggi.

Produk bubur bayi ini punya tekstur lembut dan mudah di cerna. Bubur bayi dari Nayz ini punya kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Merk bubur bayi instan ini punya harga yang relatif cukup mahal. Proses memasak bubur bayi ini cukup lama. Bitzy Organic Baby Puree cocok buat Anda yang mencari bubur bayi homemade dengan bahan organik. Produk ini tersedia dalam 5 pilihan varian rasa yang bisa di pilih sesuai selera. Kemasan jar-nya juga akan memudahkan Anda dalam memberikan produk ini ke si kecil setiap saat.

Semua varian rasa 100% terbuah dari bahan sayur dan buah asli. Dengan demikian si kecil akan memperoleh manfaat dari sayur dan buah beserta seratnya sekaligus. Bubur bayi organik ini sangat bagus untuk pencernaan si kecil. Apalagi produk bubur bayi ini punya kemasan jar yang praktis. Produk bubur instan ini terbuat dari 100% bahan buah dan sayur asli. Bubur bayi ini sangat tinggi serat dan mudah untuk di cerna perut si kecil. Produk ini juga punya 9 varian rasa yang bisa di pilih sesuai selera. Produk ini sangat aman dan bebas dari bahan aditif.